3 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Terapkan Rutinitas Sehat

Masa kanak-kanak ialah masa untuk tumbuh bermain dan tak melalaikan adanya kemajuan teknologi mewujudkan mereka ikut merasakannya.

Salah satunya ialah menikmati permainan game online yang banyak diminati oleh si kecil-si kecil sebab menawarkan banyak tipe permainan yang menyenangkan.

Memang saat si kecil bermain game online ini slot gacor 777 dapat dibilang ialah legal-legal saja, selama masih dalam batasan yang wajar.

Akan tapi, jangan sampai mereka kecanduan game online sebab hal ini tentu dapat memberikan pengaruh buruk dan penting bagi para bapak dan ibu untuk mengawasi dan memberikan batasan terhadap si kecil dalam mengakses game online.

Seperti dirangkum dari telemed.ihc.id, berikut sebagian sistem mencegah si kecil kecanduan game online.

1. Menerapkan batasan bermain

Para orang tua mesti memberikan batasan terhadap si kecil seperti mengatur akses mereka dalam perangkat game dan waktu mereka saat bermain game online.

Pasalnya, waktu pas dalam bermain game online ialah tak lebih dari 2 jam dalam sehari. Kemudian, jika perangkat game si kecil seperti komputer, Handphone atau smartphone ada di dalam kamarnya sebaiknya dipindahkan ke tempat yang cukup jauh guna memudahkan orang tua saat mengawasinya.

2. Menerapkan rutinitas sehat

Dikala si kecil sedang berada di waktu luangnya, coba untuk mengalihkan kegiatan mereka dengan kegiatan yang lebih menyehatkan daripada bermain game online. Terlalu lama bermain tentu akan tak bagus bagi kesehatan si kecil-si kecil.

Seperti misalnya kegiatan fisik ialah mengajaknya merapihkan kamar tidur mereka, menjalankan rolahraga ringan yang menyenangkan misalnya berenang, bermain sepak bola, bermain bola basket di halaman rumah atau dapat dengan membaca buku kesukaan mereka.

3. Menjalankan terapi perilaku kognitif

Para orang tua juga dapat mencoba untuk menjalankan terapi perilaku kognitif dalam rangka mengatur perilaku adiktif pada si kecil dan menolong mereka menuntaskan kecanduan game online yang lebih parah.

Kemudian orang tua dapat minta terhadap psikolog untuk merujuk terhadap terapis berpengalaman dalam mengobati si kecil
yang kecanduan game online dengan terapi kognitif.

Demikianlah ulasan seputar sistem mencegah si kecil-si kecil untuk kecanduan game online. Semoga berkhasiat bagi para orang tua.